Minggu, 22 Oktober 2023

Virtual Reality dalam Pembelajaran Matematika

 Perhatikan penjelasan video berikut ini!


Pembelajaran virtual telah menjadi norma baru dalam pembelajaran, namun bukan berarti tanpa   tantangan.   Tantangan   pembelajaran   virtual   meliputi   tantangan   pedagogis,   tantangan teknologi, tantangan manajemen waktu, tantangan lingkungan, dan tantangan psikologis (Dhakal, 2022).

Teknologi  Virtual  Reality  (VR)  dapat  digunakan  untuk meningkatkan pembelajaran matematika. Sebuah penelitian menyelidiki penggunaan  teknologi  AR  untuk  memberikan  kuliah  yang  ditambah  untuk  mendukung  siswa dalam  memperoleh  kompetensi   kurikuler  menggunakan  imajinasi   spasial  dalam  pendidikan matematika (Javaheri  et  al.,  2022).

Dalam beberapa tahun terakhir, virtual reality (VR) yang muncul sebagai alat yang menjanjikan untuk  mengubah  pengalaman  belajar.  Teknologi  realitas  virtual  menawarkan  lingkungan  yang imersif  dan  interaktif  yang  dapat  meningkatkan  keterlibatan,  motivasi,  dan  pemahaman  siswa terhadap  konsep-konsep  yang  kompleks (Kosutzka  et  al.,  2019;  Lai  &  Cheong,  2022;  Legman  & Gabor,  2020;  Mirelman  et  al.,  2013;  Ravichandran  &  Mahapatra,  2023).

Sifat  imersif  dan  interaktif  dari  lingkungan  virtual membuat   pembelajaran   matematika   menjadi   lebih   menyenangkan   dan   menarik.   Mereka menemukan bahwa representasi visual dan simulasi sangat membantu dalam memahami konsep-konsep abstrak dan memecahkan masalah matematika.

Dengan  menggabungkan  realitas  virtual  ke dalam ruang kelas matematika, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar  yang imersif dan interaktif yang menawarkan bermacam representasi:  visual, simulasi, dan alat manipulatif, memberikan siswa kesempatan unik  untuk mengeksplorasi  konsep  matematika dengan cara yang  lebih menarik dan intuitif. 

Siswa  melaporkan  rasa  percaya  diri  dan  keyakinan  diri  yang  lebih  besar  dalam matematika setelah intervensi VR. Mereka merasa lebih mampu menangani tugas-tugas matematika yang   menantang   dan   lebih   berani   mengambil   risiko   dan   mengeksplorasi   berbagai   strategi pemecahan masalah.

Sifat langsung dari VR memungkinkan mereka untuk memanipulasi objek dan bereksperimen  dengan  konsep  matematika,  menumbuhkan  pemahaman  yang  lebih  dalam  dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam kemampuan matematika mereka.

Mereka menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang dinamis dan interaktif, berbeda dengan persepsi mereka sebelumnya yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang abstrak dan membosankan. (Mengubah Persepsi)

Penerapan  teknologi  VR  dalam pembelajaran  matematika  secara  positif  mempengaruhi  motivasi,  keterlibatan,  dan  sikap  siswa terhadap matematika. Sifat imersif dan interaktif dari lingkungan VR memberi siswa pengalaman belajar yang unik, yang mengarah pada peningkatan kepercayaan diri, peningkatan motivasi, dan sikap positif terhadap matematika.

Integrasi  teknologi  VR  di  ruang  kelas  matematika  sekolah dasar   dapat   meningkatkan   pengalaman   belajar   siswa,   mendorong   keterlibatan   aktif,   dan menumbuhkan sikap positif terhadap matematika. Sifat lingkungan VR yang imersif dan interaktif memberikan  peluang  untuk  eksplorasi  langsung,  visualisasi  konsep  abstrak,  dan  pemecahan masalah secara kolaboratif.

 

Kelebihan Menggunakan Virtual Reality sebagai Media Pembelajaran

1.      Meningkatkan motivasi

Menggunakan VR akan membuat siswa merasa sebagai tokoh utama, sehingga siswa pun terdorong untuk mempelajari banyak hal.

2.      Mendorong partisipasi

Menggunakan VR akan membuat siswa memiliki pengalaman yang mendalam, siswa dapat mengeksplorasi dunia virtual dan mendapatkan umpan balik, sehingga siswa akan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

3.      Proses belajar jauh lebih menyenangkan

Teknologi VR memungkinkan siswa untuk berinteraksi secara bebas dengan objek-objek virtual. Melalui pengalaman yang berbeda dibanding proses belajar biasa, memakai VR sebagai media pembelajaran akan jauh terasa lebih menyenangkan.

4.      Akses lebih mudah

Kini akses VR lebih terjangkau dengan menggunakan smartphone, tablet, dan perangkat video game. Siswa juga bisa mengakses konten VR lewat platform video sharing seperti youtube.

5.      Mempermudah penyampaian materi

Melalui teknologi VR proses pembelajaran dapat tersampaikan dengan mudah karena visualisasi dari materi-materi pembelajaran yang dapat dirasakan langsung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Augmented Reality dalam Pembelajaran Matematika

 Mari simak video berikut ini. link: https://youtu.be/tC9axTgKH-I?si=pnB1muZogg2vXNmC  Augmented Reality adalah penggabungan antara objek vi...